Home » , , , , , , , , , , , , » Sriracha : Saus Pedas Thailand yang menaklukkan Amerika

Sriracha : Saus Pedas Thailand yang menaklukkan Amerika

Written By Luna Maya on Kamis, 02 Agustus 2018 | 14.22


GaleriQQ-Saus Pelengkap makanan yang satu ini sudah menjadi bagian penting dalam cita rasa makanan yang sering kita konsumsi. Berbagai jenisnya pun cukup banyak, mulai dari saus tomat, saus pedas, saus sambal, saus tiram, saus teriyaki dan banyak lainnya pasti sudah banyak agan-agan disini sudah mencicipi berbagai jenis saus tersebut. Tapiiii,,, ada satu jenis saus gan yang sebenarnya dia adalah salah satu golongan saus sambal tapi berbeda dengan rasa saus sambal di indonesia yang sering kita cicipi. Dan hebatnya, saus ini sudah lama menjadi primadona di Amerika yang notabenenya lidah penduduk sana kurang begitu suka dengan rasa pedas (beda ama kita ya, orang indonesia kalo ga pedas ga ada rasa hehehe ) dan sudah banyak berbagai kreasi jajanan khas disana yang memadukannya dengan saus tersebut. Saus tersebut dikenal dengan nama Sriracha. Yuk, kita kenalan apa itu saus sriracha dan mengapa bisa terkenal di Amerika ?


Saus Sriracha merupakan saus pedas yang terbuat dari pasta cabai pedas, cuka, bawang putih, garam dan gula. Dinamakan sriracha sebab nama saus tersebut diambil dari nama kota pelabuhan di Thailand yaitu kota Si Racha yang berada di daerah Provinsi Chonburi, Thailand, dimana diyakini bahwa saus tersebut pertama kali ramai digunakan disana sebagai pelengkap makanan untuk restoran seafood lokal.


Asal-usul

Hingga saat ini sebenarnya asal-usul sejarah tentang Sriracha masih diperdebatkan. Ada satu kisah terkenal bahwa saus tersebut pertama kali dibuat oleh seorang wanita thailand bernama Thanom Chakkapa, di kota Sri Racha. Sedangkan berdasarkan Asosiasi Pecinta Sri Racha atau yg dikenal dengan nama "Chomrom Rak Si Racha", menyatakan bahwa saus sriracha pertama kali dibuat di Si Racha oleh para pekerja penggergaji kayu asal burma (Myanmar) dan hasil pernyataan mereka berdasarkan bukti wawancara mereka secara langsung dengan saksi matanya yaitu seorang wanita berusia 88 tahun yang bernama Thawat Wiphisamakun  atau biasa dikenal dengan Ah Pae.


Ternyata Ah Pae mempunyai seorang nenek yang memiliki sebuah toko kelontong kecil (kalo di kita bilangnya warung ) dan para pekerja penggergaji kayu asal burma biasa datang berbelanja cabai, cuka, bawang putih, gula dan garam untuk membuat saus tersebut. Dan kemudian akhirnya neneknya Ah Pae pun mencoba untuk membuat sendiri saus tersebut baik itu untuk dijual di tokonya dan juga untuk dikonsumsi oleh keluarganya. Dan tak lama ternyata banyak para pelanggannya yang suka dengan saus buatannya tersebut sehingga saus tersebut menjadi terkenal.


Menjadi Budaya Kuliner Negara Lain

Tak hanya di thailand, di Vietnam pun saus ini juga sangat terkenal dan sudah menjadi bagian budaya kuliner tersendiri di vietnam sehingga banyak kita jumpai hidangan lokal vietnam yang menggunakan saus sriracha seperti Phở, Mie goreng khas vietnam dan chả giò. Berbeda dengan di thailand dan di berbagai negara lainnya (termasuk di kita juga ya) yang menggunakan saus sriracha sebagai cocolan makanan (biasanya di thailand untuk cocolan hidangan seafood, kalo di kita malah gorengan yak hehehehe ).


Menaklukkan Amerika

Bagaimana saus khas thailand yang satu ini bisa sampai ke amerika dan mencetak namanya sebagai kompetitor kuat di bidang kuliner di amerika sana. Ternyata cukup kontras dengan asalnya, Saus sriracha sendiri dibawa dan diperkenalkan ke Amerika oleh seorang pengusaha dan mantan Mayor Tentara Vietnam Selatan yaitu David Tran. Tran yang tiba pertama kalinya di Boston pada tahun 1978 sebagai imigran pencari suaka politik karena perang Vietnam dan kemudian pindah ke Los Angeles pada tahun 1980.


Tran yang saat itu tidak memiliki uang sepeser pun dan kesulitan mencari pekerjaan, melihat suatu peluang bisnis yang cukup besar ketika ia melihat cukup banyak orang vietnam yang ingin memakan phở, tapi di Amerika serikat tidak ada yang namanya saus pedas khas asia tenggara yang sering dicicipinya (kalo disana saus pedas khas amerika adanya Tabasco dan Jalapeno yang pedasnya pahit, jadi ga cocok ama lidah orang asia ) sehingga ia pun mencoba untuk membuatnya dan mulai menggeluti bisnis srirachanya.


Tak disangka-sangka, dari hanya puluhan orang di Los Angeles yang gemar menyantap sambal ini sekarang menjadi ratusan juta orang di seluruh dunia. Pada tahun 1987, bisnis kecil Tran sudah terbentuk dan mulai berkembang besar sehingga ia pun mulai memiliki pabrik sendiri di Rosemead, California dan menamakan perusahaannya dengan nama Huy Fong Foods.


Huy Fong Foods saat ini telah pindah lokasi di Irwindale , Los Angeles dan dikelola oleh anak-anak David, William Tran sebagai Presiden dan adiknya, Yassie Tran-Holliday sebagai Wakil Presiden perusahaan mereka. Diketahui sekitar 13 tahun lalu Hoy Fong Foods telah menjual produk sambal sebanyak 6 ribu ton senilai 12 juta dolar AS. Penjualan mereka terus menanjak hingga mencapai 60 juta dolar AS per tahun.


Dan di tengah maraknya acara-acara kompetisi masak atau acara kuliner di Amerika, banyak para Chef dan selebriti disana yang sering mempromosikan Saus Sriracha dan bahkan banyak para pengusaha Food Truck yang menjual berbagai hidangannya mengkombinasikannya dengan sensasi saus sriracha. Bahkan berbagai restoran cepat sajipun seperti Wendy's, Applebee's, McDonald's, Subway, Taco Bell, White Castle, Chick-fil-a, Firehouse Subs, Noodles & Company, dan Burger King  juga telah bekerjasama dengan perusahaan Huy Fong Foods untuk memasukkan Sriracha kedalam komponen variasi menunya.





Share this article :

2 komentar:

  1. JAGUARQQ | DOMINO 99 | POKER | BANDARQ ONLINE
    * Dengan Minimal Deposit : Rp 15.000,-
    * Tersedia 8 Game Dalam 1 User ID
    * Bonus Rollingan 0,5% Setiap minggu
    * Bonus Referal 20% Seumur hidup
    - Kontak Kami -
    PIN BBM : 2AE76E22
    WA : +6281319506846
    LINE : cs jaguarqq
    Website : JaguarQQ
    FB : JaguarQQ
    Twitter : JaguarQQ

    BalasHapus
  2. SahabatQQ Situs Poker / Domino terpercaya, teraman serta tersedia 8 Games Terpopuler dengan hanya minimal Deposit & Withdraw Rp 20.000,- dan dengan mendaftarkan 1 akun anda sudah dapat menikmati 8 games yang tersedia.

    Serta nikmati Promo Bonus-bonus yang menggiurkan
    - Bonus Rollingan (cashback) sebesar 0,3% dibagikan setiap 5 hari
    - Bonus Refferal (member get member) sebesar 15% seumur hidup
    - Bonus Extra Refferal dibagikan setiap tanggal 1 (berlaku bagi anda yang memiliki refferal)

    Dan SahabatQQ memiliki 8 jenis bank lokal
    - BCA
    Senin-Jumat : Offline pukul 21.00 - 01.00 WIB
    Sabtu : Offline pukul 00.00 - 05.00 WIB
    Minggu Online 24 jam

    - MANDIRI
    Senin-Minggu : Offline pukul 23.00 - 04.00 WIB

    - BNI
    Senin-Minggu : Online 24 jam (kecuali gangguan)

    - BRI
    Senin-Minggu : Offline pukul 23.00 - 04.00 WIB

    - Danamon
    Senin-Minggu : Online 24 jam (kecuali gangguan)

    - CIMB NIAGA
    Senin-Minggu : Online 24 jam (kecuali gangguan)

    - PERMATA
    Senin-Minggu : Online 24 jam (kecuali gangguan)

    - OCBC NISP
    Senin-Minggu : Online 24 jam (kecuali gangguan)

    <> Contact Us <>
    Fanspage FB : Sahabat QQ
    Pin BB : 2BCD6D81
    Pin BB : 2BD6A2E3
    WA : +855-81734021
    LINE : SAHABATQQ2
    WECHAT : SAHABATQQ
    INSTAGRAM : SAHABATHOKI
    YM : cs2_sahabatqq@yahoo.com
    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop


    Website SahabatQQ

    Terima Kasih Salam ALL IN ^^

    BalasHapus

NAMA DP & WD DAFTAR
HondaQQ
Rp 15.000
KLIK DI SINI
GaleriQQ
Rp 20.000
KLIK DI SINI
Kasir4D
Rp 10.000
KLIK DI SINI

Popular Posts

Arsip Blog

Labels

 
Support :
Created by Agen BandarQ, BandarQ, Domino 99
, Bandar Sakong
, Sakong Online
Copyright © 2013. GaleriQQ agenbandarQ Terpercaya - All Rights Reserved