Lebaran

Written By Luna Maya on Jumat, 15 Juni 2018 | 06.59

Cerita GaleriQQ, Lebaran dulu dan sekarang


Tidak kerasa 2 hari lagi hari raya idul fitri tiba, banyak cerita seputar mudik, postingan saudara-saudara yang berangkat mudik dan yang tak kalah seru transaksi jual beli kue-kue lebaran di grup chat WA keluarga pun menghiasi hari hari terakhir ramadhan, Dan saya hanya bisa sedikit ‘Ngiler’ ketika pameran foto di grup chat keluarga menghiasi layar hp saya tiap hari.


Lebaran saya semenjak menikah sudah ‘citarasa’ Turki,  Terakhir mendengar gema takbir di masjid itu ketika mudik tahun 2014 dan momentnya bertepatan dengan  hari raya idul fitri. Sebagai informasi saja di Turki tidak mengumandangkan gema takbir lewat speaker-speaker masjid di malam hari raya, gema takbir berkumandang ketika shalat hari raya tiba di masjid-masjid. Mengenai hal ini karena ada perbedaan pendapat diantara  para ulama,khusus Muslim di Turki mereka mayoritas bermahzab hanafi.


Imam Abu Hanifah ra. Berpendapat: disunnahkan bertakbir tapi tidak nyaring di hari raya idul fitri ketika keluar dari rumah menuju tempat shalat id karena mengamalkan hadis nabi yang berbunyi:“ sebaik-baik dzikir ada yang tidak nyaring (khofiy) dan sebaik-baik rizki adalah yang mencukupi (tidak berlebihan) ”.Dan kemudian berhenti bertakbir ketika telah sampai di tempat orang melaksanakan salat ied (dalam riwayat lain sampai dilaksanakannya shalat).( Hadis diriwayatkan oleh Ahmad, Ibnu Hibban, Baihaqi dalam bab cabang-cabang iman dari Saad. )**sumber:GaleriQQ


Sebagai muslim yang lahir dan besar di İndonesia, dan mayoritas hukum fiqih nya merujuk pada imam syafii, tentu saja menjadi hal yang ‘baru’ bagi saya pribadi ketika merasakan cara saudara muslim Turki merayakan dua hari raya besar umat islam.  Yang paling kerasa yaitu: Tidak adanya suara takbiran berkumandang di malam hari raya.

Daripada bersedih salah satunya ya takbiran sendiri, muter video takbiran di Youtube, Jadi tiap mendekati hari raya yang awal-awalnya suka baper-an, lama-lama saya bisa terbiasa. Paling mencoba mengingat-ingat kenangan lebaran di masa kecil aja, sampai sekarang masih menjadi kenangan yang paling indah, apalagi buat anak generasi 90-an, Jadi sekalian saya mau berbagi cerita lebaran saya versi dulu dan sekarang.

Lebaran versi sekarang


Dengan citarasa Turki semenjak menikah, belum pernah sholat ied di masjid lagi, menu lebaran: baklava, sarma, coklat, permen.

Ga ada menu lebaran istimewa, sarapan hari raya pun sarapan ala Turki sehari-hari.

Ada silaturahmi juga ke kerabat, anak-anak biasanya di bagi-bagikan coklat dan permen, jarang uang persenan, paling tertentu saja yang ngasih.

Libur kerja juga pendek (suami hanya libur 1 hari)

Tidak ada THR di Turki


dan ya gitu aja….:) İtulah kenapa teman teman WNİ di Turki lebih banyak yang milih pulang kampung  ke İndonesia pas moment idul fitri.


Lebaran versi dulu (masa anak-anak)


Setiap berhari raya saya belum pernah merasakan namanya budaya mudik seperti orang -orang, kadang saya malah iri liat mereka yang mudik ke kampung halaman lalu diliput TV..hehe.

Gimana mau mudik? Emak dan bapak saya adalah tetangga dari kecil, satu kampung dan keluarga besar juga banyak yang tinggal di kampung yang sama, paling jauh ya seputar Jakarta,Bekasi,Tangerang. Paling selepas hari raya ke 3, biasanya seluruh keluarga besar iring-iringan pergi bareng silaturahmi ke daerah Banten, ke kampung halaman almarhum kakek, Karena kakek saya asli Banten. Ya anggap aja itu mudik tapi pulang-pergi sehari.


Ngedodol

Setiap menjelang hari raya, hal yang sering saya lakukan adalah, nontonin tetangga bikin dodol, ritual ‘ngedodol’  zaman saya kecil itu pake sistem gotong royong, ada beberapa tetangga iuran lalu masak dodol bareng pas malam-malam menjelang idul fitri, biasanya seminggu sebelum lebaran ritual ngedodol mulai banyak, Yang saya ingat, cara memasak dodol versi emak-emak tetangga saya: mereka membuat hawu (tungku) buat masak dodol, dan hawu nya itu dari gedebong pisang yang di potong-potong besar, bukan dari tumpukan bata, lalu wajan ukuran besar dan juga alat pengaduk yang besar pula, mirip sampan, cara memasak dodolnya juga cukup unik, mengaduk adonan dodol dilakukan dua orang, yang satu memegang alat pengaduk sambil berdiri dan satunya lagi dia berposisi menarik alat pengaduk memakai tali. Melihat letupan letupan adonan dodol setengah matang jadi daya tarik saya, paling suka nyicipin dodol yang belum matang dengan adonan yang belum solid, herannya saya tidak suka dodol yang sudah matang, sampai sekarang dodol bukan salah satu makanan favorit saya setiap lebaran, saya cuma suka nontonin proses ngedodol, apalagi setiap tetangga saya ngedodol, ada ritual yang saya sendiri ga ngerti sampai sekarang. Ritual nya:

Dilarang ngobrol selama proses ngedodol
Nancepin cabe merah besar dan bawang merah di gedebong pisang samping wajan , entah maksudnya apa, buat ngusir setan apa jin yang pengen nyicip        dodol atau buat pewangi ruangan (kayaknya juga ga mungkin ya) atau rahasia dibalik dodol yang katanya mantap.


sampai sekarang saya belum menemukan jawaban dari misteri ngedodol versi emak emak tetangga saya itu, beliau sudah almarhumah sekarang.


pamer baju lebaran

İni yang menjadi hal penting sepertinya di masa kecil saya dulu, Pamer baju lebaran:D kalau ingat kembali suka lucu, setiap beli baju lebaran sengaja di gantungnya yang rapih,kadang digantung ditembok biar bisa dipandang terus, lalu manggil teman dekat buat datang ke rumah, terus dong pamer sekalian di jajal lagi dan (lagi) sambil bergaya di depan kaca, nunggu komentar dari teman, bagus atau engga, apalagi kalau baju lebarannya ngikutin trend, misal lagi trend rok berbentuk menggelembung disebut rok balon. Besoknya juga gitu pas si teman beli baju lebaran saya dipanggil untuk datang ke rumahnya nah giliran dia pamer juga.

Bantuin si emak bikin kue lebaran

Duh kalau mikir  kue lebaran saya seputar nastar, kastengel, puteri salju, itu salah besar! Trend kue kering baru saya rasakan beberapa tahun belakangan ini, si emak tetap setia bikin kue-kue kampung, kalau kue-kue modern cukup beli jadi saja(yang kadang juga ga laku dimakan dirumah) keluarga saya lebih melirik segala kue kue traditional, bikin kue wajik, akar kelapa, biji ketapang, gogodoh (rempeyek kacang ijo) rengginang,opak,dodol, kue tengteng dan tak luka kue kalengan legend: khong ghuan selalu setia setiap lebaran. Jadi keluarga saya emang fansnya khong ghuan yang bekas kalengnya selalu disi rengginang. Selain kue kue kampung segala manisan dari kolang kaling atau bikin tape ketan juga jadi pilihan. Untuk masakan?

opor ayam dan ketupat bukan pilihan di meja makan, jadi kami ga ngikutin menu  lebaran orang kebanyakan. Asal ada asinan sayur segar, cukup semur ayam dan goreng ayam juga cukup, kadang rendang daging saja jarang ada yang makan, bapak saya lebih memilih ikan asin dan lalapan. Palingan setiap lebaran saya malah nyari warung tetangga yang sengaja buka,dia malah jualan pecel sayur, ketoprak, rujak buah dan mie rebus, nah herannya saya dan teman teman setiap selesai silturahmi lebaran malah sukanya nyerbu warung si tetangga ini buat makan mie rebus, bakso dll daripada masakan ala lebaran dirumah, jajan lebaran dari uang persenan, makan indomie rame-rame-sungguh tradisi micin dahulu kala-

Main kembang api di Malam takbiran

İni juga kebiasaan yang tidak pernah dilewatkan menjelang lebaran, malam takbiran diisi dengan main kembang api sambil ngumpul bareng teman dekat yang biasanya datang pas lebaran saja, dia dan keluarganya tinggal di jakarta, lebaran mudik ke rumah neneknya yang kebetulan tetangga sebelah rumah (sedihnya sekarang rumah si nenek di bongkar dan sudah diratakan, semenjak beliau wafat tahun 2008, rumah tersebut sering kosong)  dirumah tetangga itu saya memiliki banyak kenangan lebaran bareng teman dekat saya, kadang saya juga menginap di rumah si nenek ini menemani si teman.

Salaman di pinggir jalan

Setiap pulang dari shalat ied, biasanya saya dan teman teman yang sudah dandan cantik pakai baju lebaran lalu ikut sholat ied tapi pulang duluan, berdiri disepanjang jalan raya nunggu para orangtua pulang dari sholat di masjid, sekalian salaman sama tetangga -tetangga, kadang kalau beruntung ada yang langsung ngasih uang persenan. Biasanya keliling ke rumah tetangga tetangga, ga lupa bawa tas kecil gunanya tentu saja selain untuk taruh uang lebaran dan  masuk-masukin kue lebaran.

Lebaran dan komedi putar

Saya ingat betul setiap lebaran selalu ada saja komedi putar dan pasar malam, jadi menghabiskan uang lebaran demi naik komedi putar-waktu saya kecil mall satu-satunya baru BSD plaza dan itu rasanya jauh banget dari rumah- hiburan saya dan teman teman ya pergi ke pasar malam naik komedi putar sampai pusing. Kadang juga diajak tetangga nonton bioskop tua di pasar cicangkal, filmnya yang saya ingat kalau ga film barry prima ya film horor suzana-.-‘ dan jangan bayangkan kursi penonton yang empuk seperti di bioskop modern, kursi tanpa sandaran, duduknya dempet dempetan.

Ternyata lebaran versi dulu di İndonesia kalau di tulis terus, momentnya ga ada habisnya ya, kalau anak sekarang saya pikir ada sedikit perubahan, salah satunya setiap moment apapun tidak akan lepas dari kamera hp dan update-an sosial media, gak lupa main tiktok juga:D


Punya cerita menarik apa dengan lebaran masa kecil yang dikangenin, boleh lah cerita cerita di kolom komen ya…yuuk


Baca Cerita Dewasa Terupade





Share this article :

1 komentar:

  1. ZumaQQ Agen Bandarq Domino 99 Bandar Poker Online Terpercaya

    Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan games - games menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang di berikan ZumaQQ :
    * Bonus rollingan 0.5% setiap minggunya
    * Bonus Refferal 10% + 10% seumur hidup (5% X-tra untuk anda para pencari bonus reff di indonesia)
    * Dan masih banyak bonus menarik laen nya yang bisa anda dapatkan di ZumaQQ

    Games Yang di Hadirkan ZumaQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Sakong
    * Sakong
    * Bandar66
    * AduQ
    * Sakong

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : ZumaQQ
    BBM : E316C245
    FB : ZumaQQ
    Twitter : ZumaQQ
    Blog : ZumaQQ

    Kunjungi Juga situs partner kami di :
    Agen Domino99
    Agen BandarQ
    Poker Online
    Togel Online

    BalasHapus

NAMA DP & WD DAFTAR
HondaQQ
Rp 15.000
KLIK DI SINI
GaleriQQ
Rp 20.000
KLIK DI SINI
Kasir4D
Rp 10.000
KLIK DI SINI

Popular Posts

Arsip Blog

Labels

 
Support :
Created by Agen BandarQ, BandarQ, Domino 99
, Bandar Sakong
, Sakong Online
Copyright © 2013. GaleriQQ agenbandarQ Terpercaya - All Rights Reserved