Home » , , , , , , , , , , , » Pasukan Abadi, Tentara Elite Kekaisaran Persia

Pasukan Abadi, Tentara Elite Kekaisaran Persia

Written By Luna Maya on Rabu, 14 Februari 2018 | 13.16


GaleriQQ-Pasukan Abadi adalah pasukan elit di Kekaisaran Persia Akhemeniyah. Mereka adalah tentara tetap, berbeda dari kebanyakan tentara Persia yang biasanya adalah orang biasa yang diharuskan ikut berperang pada saat ada perang. Pasukan Abadi menjalani pelatihan yang lebih baik dan memakai perlengkapan yang lebih baik di banding prajurit biasa. Mereka juga amat setia pada raja.

Kenapa disebut pasukan Abadi

Sejarawan Yunani kuno, Herodotos dan Xenophon menulis bahwa pasukan ini disebut Athanatoi (pasukan abadi) karena jumlahnya selalu tetap, yakni 10.000 prajurit. Mereka punya tradisi dan aturan bahwa jika ada tentara Abadi yang terbunuh, maka akan langsung digantikan oleh tentara baru.

Kemungkinan lain adalah bahwa nama pasukan ini dalam bahasa Persia adalah Anusiya ("rekan") tapi Herodotos telah keliru membedakannya dengan Anausa ("pasukan Abadi")

Sejarah singkat

Menurut Xenophon, Pasukan Abadi dibentuk oleh Koresh Agung (Cyrus II). Pada masa kekuasaan Koresh,


Kekaisaran Persia Akhemeniyah berhasil menaklukan banyak suku bangsa, mulai dari bangsa Assyria, Bablionia, Mede, Lydia, Parthia, dan Ionia. Kekuasaannya terbentang mulai dari sungai Indus di India sampai Hellespontos di Yunani. Karena kekaisarannya bertambah luas, Koresh merasa bahwa keamanan dirinya perlu ditingkatkan.

Dalam pertempuran, Pasukan Abadi bertanggung jawab untuk melindungi tenda kerajaan yang ditempati oleh raja. Pasukan Abadi ikut berperang dalam penaklukan Koresh Agung di Kekaisaran Babilonia Baru pada 547 SM,


 kampanye Kambises melawan Mesir pada 525 SM dan invasi Darius Agung ke Punjab Barat dan Singh di India serta ke Skithia pada 520 SM dan 513 SM. Dalam Pertempuran Gaugamela pada 331 SM, Pasukan Abadi melindungi gerak mundur kaisar Darius III. Kemungkinan Pasukan Abadi juga ikut serta dalam Pertempuran Gerbang Persia pada 330 SM.

Keterlibatan Terkenal (Perang Yunani-Persia)


Dalam Perang Yunani-Persia, Pasukan Abadi berpartisipasi dalam Pengepungan Eretria dan Pertempuran Marathon pada 490 SM dalam invasi yang pertama, serta Pertempuran Thermopylae pada 480 SM dan Pertempuran Plataia pada 79 SM dalam invasi yang kedua. Di Thermopylae, Pasukan Yunani yang dipimpin Leonidas menghalangi jalan sempit di pesisir dan mencegah pasukan Persia memasuki kota-kota Yunani.

Pertempuran Terkenal Thermopylae

Pada hari pertama pertempuran, Xerxes mengirim pasukan Mede untuk menyerang pasukan Yunani tapi pasukan Mede dibantai oleh pasukan Yunani. Karena serangan pertamanya gagal, Xerxes pun mengirimkan Pasukan Abadi namun lagi-lagi gagal. Pertahanan pasukan Yunani tetap tidak dapat ditembus.

Pada hari kedua, Xerxes kembali mengirimkan Pasukan Abadi untuk menyerang pasukan Yunani, namun seperti halnya pada hari pertama, serangan ini tidak banyak membuahkan hasil. 

Pada hari ketiga, berkat informasi dari seorang Yunani bernama Ephialtes, pasukan Persia berhasil mengepung pasukan Yunani.


 Sebelum sepenuhnya terkepung, Leonidas memerintahkan sebagian tentara Yunani untuk mundur dan menyelamatkan diri, sedangkan sebagian lainya, dengan dipimpin oleh Leonidas, tetap bertahan. Ketika pasukan Persia berdatangan, pasukan Yunani mencoba bertahan dan membunuh sebanyak mungkin serdadu Persia. Ketika Pasukan Abadi ikut maju, pasukan Yunani semakin terdesak. Sebagian prajurit Thebes menyerah dan dijadikan tawanan, sedangkan para prajurit Yunani lainnya terus melawan dan dibantai. Dalam bentrokan itu, korban juga berjatuhan di pihak Pasukan Abadi; dua orang adik Xerxes, yang menjadi prajurit Pasukan Abadi, gugur.

Pasukan Abadi juga terlibat pada tahun kedua perang, pada 479 SM. Ketika itu pasukan Persia mengalami kekalahan di Salamis, sehingga Xerxes memutuskan untuk pergi dari Yunani dan menugaskan Mardonios untuk meneruskan kampanye militer. Mardonios memilih untuk membawa seluruh Pasukan Abadi kecuali pemimpin mereka, Hydarnes, karena Hydarnes lebih suka mengikuti Xerxes untuk pulang. Maka Pasukan Abadi pun menjadi bagian dari pasukan pendudukan Persia di Yunani di bawah pimpinan Mardonios. Namun Pasukan Abadi tidak pernah disebutkan kaitannya dengan operasi pada tahun 479 SM sehingga ada kemungkinan bahwa mereka sebenarnya kembali ke Asia bersama Xerxes dan Hydarnes.

Pelatihan

Hanya anak laki-laki keturunan Persia, Mede, dan Elam yang bisa masuk ke dalam pelatihan Pasukan Abadi. Di kemudian hari persyaratannya bertambah, yaitu seseorang harus setia pada ajaran Zoroaster jika ingin menjadi tentara Pasukan Abadi. Menurut Strabo, para calon tentara Pasukan Abadi harus menjalani pelatihan sejak masa anak-anak. Pelatihan mereka sangat berat dan keras baik secara fisik maupun psikologis. Mereka barangkali sudah dilatih sejak usia 5 atau 7 tahun. 

Mereka harus belajar bertahan hidup dalam kondisi yang sulit, misalnya bertahan hidup dengan memakan buah-buahan liar semacam pistachio (kenari hijau), acorn (buah pohon ek), delima, dan pir liar. Mereka juga harus punya kemampuan untuk menjinakkan kuda liar. Anak-anak itu dibagi ke dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 50 orang dan mereka dilatih menunggang kuda, bertarung, menggunakan senjata, memanah, berenang, melempar tombak, berlari, dan berbaris. Mereka juga dilatih untuk dapat bertahan dalam kondisi cuaca yang tidak mendukung. 

Herodotos menyebutkan bahwa usia para prajurit yang termasuk Pasukan Abadi berkisar antara 15 tahun sampai 50 tahun. Ketika sudah berusia sekitar 50 tahun, seorang tentara Abadi boleh pensiun dan diberi semacam tunjangan pensiun.

Sebelum menjadi raja, Darius pernah bertugas sebagai prajurit Pasukan Abadi pada masa pemerintahan raja Kambises II, dan Darius pernah mengatakan bahwa berkat pelatihan yang diperolehnya, dia dapat menjadi seorang petarung yang sangat tangguh.

Organisasi

Pasukan Abadi terbagi ke dalam beberapa resimen berdasarkan kemampuan dan status sosial. Pangkat tertinggi adalah "resimen ungu" dan bertugas paling dekat dengan raja Mereka memakai warna ungu yang dikenal sebagai "ungu Tyre". Warna tersebut didapat dari siput laut dan amat sangat mahal. Resimen ini berjumlah 1.000 prajurit dan penyeimbang tombak mereka terbuat dari emas. Resimen lainnya adalah resimen kuning, biru, dan merah. Resimen 


Pasukan Abadi diiringi oleh karavan berupa kereta tertutup, unta, dan bagal yang membawa suplai, makanan, budak wanita, pelayan, dan juru masak untuk melayani pasukan. Kereta suplai tersebut membawa makanan khusus yang disediakan hanya untuk para tentara Abadi. Beberapa perwira pangkat tinggi biasanya membunuh singa, cheetah atau macan tutul untuk menunjukkan kemampuan dan keberanian mereka. Mereka kemudian akan mengenakan bulu dari hewan yang telah mereka bunuh. Komandan Pasukan Abadi disebut "hazarapat". Jabatan komandan Pasukan Abadi merupakan suatu jabatan yang cukup tinggi di Kekaisaran Persia Akhemeniyah, dan orang yang memegang jabatan ini selain mengatur Pasukan Abadi juga memperoleh kekuasaan politik yang cukup besar. Pada invasi kedua Persia ke Yunani, yang menjadi komandan Pasukan Abadi adalah Hydarnes. Orang lainnya yang pernah menjadi komandan Pasukan Abadi adalah seorang wanita bernama Pantea Arteshbod


Mengenai kemewahan yang diperoleh Pasukan Abadi

Dari semua pasukan dalam angkatan perang Persia, Pasukan Abadi bukan hanya yang terbaik tapi juga yang paling dilengkapi secara mewah; pakaian dan baju zirah mereka sudah aku sebutkan, tapi aku harus menambahkan bahwa setiap serdadu berkilau dengan emas yang di bawanya dalam jumlah yang sangat banyak. Mereka juga ditemani oleh kereta tertutup berisi pelayan dan budak wanita mereka, semuanya dihias secara rumit. Makanan spesial, dipisahkan dari pasukan lainnya, dibawakan untuk mereka dengan unta dan bagal.



Share this article :

1 komentar:

  1. SELAMAT TAHUN BARU IMLEK 2018 , SEMAKIN SUKSES DAN MUDAH REJEKI
    Proses transaski yang SUPER CEPAT dengan dilayani cs kami yang ramah siap membantu anda selama 24 jam nonstops
    Permainan 100% fair play ( Player vs Player ) No Bot & Admin !!!
    POKER , ADUQ , BANDARQ , BANDAR POKER , DOMINO99 , CAPSA SUSUN , SAKONG

    * Minimal Deposit 15.000
    * Minimal Withdraw 15.000

    * Bonus Referral 20% Seumur Hidup
    * Bonus Turnover 0.3% Setiap Hari

    - BBM : 2BB85432
    - skype : mediaqq
    - facebook: mediaqq
    - Instagram :mediaqqnet
    buruan daftar ya sekarang juga... aku tungg

    BalasHapus

NAMA DP & WD DAFTAR
HondaQQ
Rp 15.000
KLIK DI SINI
GaleriQQ
Rp 20.000
KLIK DI SINI
Kasir4D
Rp 10.000
KLIK DI SINI

Popular Posts

Arsip Blog

Labels

 
Support :
Created by Agen BandarQ, BandarQ, Domino 99
, Bandar Sakong
, Sakong Online
Copyright © 2013. GaleriQQ agenbandarQ Terpercaya - All Rights Reserved