Home » , , , , , , , , , , , , » Ahmad Dhani Terancam Penjara Seumur Hidup, Apakah hanya sebuah makar atau sebuah Kritikan ?

Ahmad Dhani Terancam Penjara Seumur Hidup, Apakah hanya sebuah makar atau sebuah Kritikan ?

Written By Luna Maya on Rabu, 17 Januari 2018 | 23.16


Galeriqq - 10 Orang tergolong Ahmad Dhani, Ratna Sarumpaet, dan Rachmawati Soekarnoputri diciduk karena sangkaan makar. Apa tersebut makar ?

Ahmad Dhani Terancam Penjara Seumur Hidup Makar Atau Kritikan

10 Orang tergolong Ahmad Dhani, Ratna Sarumpaet, dan Rachmawati Soekarnoputri diciduk Mabes Polri. Mereka diciduk karena sudah dipanggil sejumlah kali dan tidak muncul dengan delik makar. Apa tersebut makar?


“Makar tersebut setiap usaha menggulingkan pemerintah yang sah,” kata berpengalaman pidana Prof Hibnu Nugroho saat mengobrol dengan detikcom, Jumat (2/12/2016).

Aturan makar secara umum ditata Pasal 107 KUHP yang berbunyi:

(1) Makar dengan maksud guna menggulingkan pemerintah, ditakut-takuti dengan pidana penjara sangat lama lima belas tahun.

(2) Para pemimpin dan pengatur makar itu dalam ayat 1, ditakut-takuti dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara sementara sangat lama dua puluh tahun.

“Pasal di atas ialah delik formil, bukan delik materiil. Artinya, tidak butuh sampai tergulingnya pemerintahan untuk dapat dipidana, namun berencana saja telah terkena delik makar,” ucap pengajar Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto itu.

Agen Bandarq

Secara detail, terdapat empat jenis makar, yaitu:

1. Makar terhadap kepala negara.
2. Makar guna menggulingkan pemerintahan yang sah.
3. Makar permufakatan.
4. Makar dengan pemberontakan.

Sebagai delik formil, maka makar tidak mesti dilaksanakan oleh aparat bersenjata namun juga dapat dilakukan oleh sipil. Setiap orang yang berniat dan mengerjakan tindakan dan upaya mengubah pemerintah yang sah, maka dapat terkena delik makar.

/a> “Ini memang paling luas penafsirannya. Orang yang hanya rapat-rapat atau ngumpul-ngumpul, tetapi mengerjakan niatan dan upaya menggulingkan pemerintahan yang sah, dapat terkena delik,” papar Hibnu.

Dalam negara demokrasi, mengkritik adalahhal yang lumrah. Tapi Hibnu mewanti-wanti masyarakat untuk dapat membedakan antara kritikan ke pemerintah dengan makar.

“Kalau kritikan, tersebut harus ditujukan untuk kebijakan. Umpamanya ‘saya tidak setuju dengan program A’. Tapi bila makar, tujuannya bukan mengkritik, namun mengubah pemerintah, menggulingkan dan sebagainya,” ucap Hibnu.

Ancaman makar lumayan berat yakni maksimal hukuman penjara seumur hidup. Artinya, orang yang mengerjakan makar maka bisa menghuni penjara sampai meninggal dunia.

“Tapi nantinya tergantung hakim, berapa lama hukuman yang diberikan. Nanti hakim yang menilainya,” cetus Hibnu.

Share this article :

1 komentar:

NAMA DP & WD DAFTAR
HondaQQ
Rp 15.000
KLIK DI SINI
GaleriQQ
Rp 20.000
KLIK DI SINI
Kasir4D
Rp 10.000
KLIK DI SINI

Popular Posts

Arsip Blog

Labels

 
Support :
Created by Agen BandarQ, BandarQ, Domino 99
, Bandar Sakong
, Sakong Online
Copyright © 2013. GaleriQQ agenbandarQ Terpercaya - All Rights Reserved